profil

Visi Jurusan Ilmu Komunikasi
Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi,
Universitas Kristen Petra terkemuka dalam bidang Komunikasi Korporat dan Komunikasi Massa yang berwawasan global dan peduli pada masyarakat dengan berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani.


Misi Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Dengan penuh dedikasi memberikan kontribusi yang nyata dan positif dalam bidang Ilmu Komunikasi bagi masyarakat.

2. Menghasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang berwawasan global melalui proses belajar mengajar yang berkualitas dari sisi sistem dan proses pendidikan, kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah, serta pengabdian masyarakat di lingkup Ilmu Komunikasi.

3. Menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan akademik dan administrasi di Program Studi Ilmu Komunikasi.

4. Meningkatkan kualitas dan keunggulan dalam hal kepakaran, penelitian dan pengabdian di bidang Ilmu Komunikasi.

5. Mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam penyusunan maupun pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan Program Studi Ilmu Komunikasi.

 

Tujuan Program Studi Ilmu Komunikasi

1. Sebagai lembaga pendidikan dalam bidang komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra bertujuan menghasilkan Sarjana Ikom yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi akademik sebagai berikut:

 

a. Menguasai pengetahuan yang mendasar di bidang studi komunikasi serta metodologinya;

 

b. Memiliki kemauan, kemampuan, dan ketrampilan untuk mengikuti perkembangan pengetahuan yang menyangkut kompetensi profesi di bidang komunikasi;

 

c. Berkemampuan memenuhi dan menjalankan peran dan fungsi dalam dinamika pembangunan dan proses modernisasi, diantaranya berupa penerapan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang komunikasi untuk kepentingan masyarakat;

 

d. Memiliki nilai-nilai dan wawasan sosial, budaya, politik yang dinamis di samping kemauan dan kemampuan untuk ikut aktif berperan serta dalam mengembangkan perspektif komunikasi untuk menampung kekhasan kepribadian bangsa yang dinamis;

 

e. Memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja dengan efektif, di sampingmemiliki kepekaan dan tanggapan terhadap masalah komunikasi yang dihadapimasyarakat.

 

2. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang berkualitas melalui pemberdayaan sumber daya manusia dengan meningkatkan kompetensi dan komitmen secara terus menerus.

 

3. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang berkualitas dengan memperhatikan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya.