kurikulum

Corporate Communication

Corporate Communication merupakan konsentrasi besar dalam bidang ilmu komunikasi yang menangani faktor ekstern-intern perusahaan. Di tahun 2007, program bidang Corporate Communication melakukan terobosan dengan menfokuskan dua spesialisasi peminatan yakni Marketing Public Relation dan Corporate Public Relation.  Inovasi ini didasarkan pada penelitian bahwa akan banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan spesialisasi khusus. Sejak tahun 2001 jumlah lulusan Corporate Communication telah mencapai setengah dari 400 mahasiswa. Adapun, skill mata kuliah dasar yang ditekankan di bidang ini yakni Cyber Public Relations, Public Speaking, Public Relations Management.

Mass Communication

Mass communication adalah salah satu program studi andalan jurusan Ilmu Komunikasi yang memiliki andil besar dalam perkembangan industri saat ini. Terutama dalam hal Broadcasting TV, Radio dan Print & Online Journalism. Dibuka pada awal tahun 2001, program ini di selenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan dunia industri terutama menghasilkan mahasiswa yang berwawasan luas, kritis, kreatif yang berdedikasi penuh pada fungsi profesi di bidang komunikasi massa.

Broadcasting TV

Broadcasting TV merupakan salah satu konsentrasi yang ada terdapat di Jurusan Ilmu Komunikasi dengan jumlah peminat yang tinggi. Keunggulan dari konsentrasi ini yakni mahasiswa dibekali dengan materi konseptual dalam memperkaya wawasan akan perkembangan TV. Mahasiswa memiliki budaya kritis, kemampuan teoritis yang baik, analitis dan praktis sehingga memudahkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Radio

Konsentrasi radio Universitas Kristen Petra memfasilitasi mahasiswa ilmu komunikasi yang ingin mendalami media radio, baik secara konseptual filosofis maupun praktis.
Mata kuliah wajib konsentrasi ini yakni penyiaran radio, produksi program radio, manajemen produksi siaran radio, penulisan naskah radio, produksi iklan radio, praktek kerja nyata dan magang kerja nyata. Bentuk program rutinnya berupa workshop bagi penyiar radio, lomba presenter radio

Print dan Online Journalism

Merupakan konsentrasi yang mempelajari di bidang media cetak dan media online dengan tujuan mendidik mahasiswa secara konseptual filosofis dan praktis secara seimbang untuk menjadi pekerja media yang handal dengan menyediakan fasilitas dan kesempatan magang.

Magang
Mata kuliah PKN (Praktik Kerja Nyata) / Internship 1 & MKN (Magang Kerja Nyata) / Internship 2 adalah program pembelajaran di bidang Ilmu Komunikasi yang didesain untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori Relasi Publik atau Komunikasi Massa yang telah didapatkan selama studi. Di sini, mahasiswa melakukan pengamatan secara langsung di perusahaan lokal maupun nasional. Diharapkan dari program ini, mahasiswa dapat lebih memahami esensi Ilmu Komunikasi sesuai dengan bidangnya dan interaksi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.

 


mata kuliah

Mata kuliah dasar
Semua mata kuliah
Mata kuliah dasar