kurikulum

Corporate Communication

Corporate Communication merupakan konsentrasi besar dalam bidang ilmu komunikasi yang menangani faktor ekstern-intern perusahaan. Di tahun 2007, program bidang Corporate Communication melakukan terobosan dengan menfokuskan dua spesialisasi peminatan yakni Marketing Public Relation dan Corporate Public Relation.  Inovasi ini didasarkan pada penelitian bahwa akan banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan spesialisasi khusus. Sejak tahun 2001 jumlah lulusan Corporate Communication telah mencapai setengah dari 400 mahasiswa. Adapun, skill mata kuliah dasar yang ditekankan di bidang ini yakni Cyber Public Relations, Public Speaking, Public Relations Management.

Mass Communication

Mass communication adalah salah satu program studi andalan jurusan Ilmu Komunikasi yang memiliki andil besar dalam perkembangan industri saat ini. Terutama dalam hal Broadcasting TV, Radio dan Print & Online Journalism. Dibuka pada awal tahun 2001, program ini di selenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan dunia industri terutama menghasilkan mahasiswa yang berwawasan luas, kritis, kreatif yang berdedikasi penuh pada fungsi profesi di bidang komunikasi massa.

Broadcasting TV

Broadcasting TV merupakan salah satu konsentrasi yang ada terdapat di Jurusan Ilmu Komunikasi dengan jumlah peminat yang tinggi. Keunggulan dari konsentrasi ini yakni mahasiswa dibekali dengan materi konseptual dalam memperkaya wawasan akan perkembangan TV. Mahasiswa memiliki budaya kritis, kemampuan teoritis yang baik, analitis dan praktis sehingga memudahkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Print dan Online Journalism

Merupakan konsentrasi yang mempelajari di bidang media cetak dan media online dengan tujuan mendidik mahasiswa secara konseptual filosofis dan praktis secara seimbang untuk menjadi pekerja media yang handal dengan menyediakan fasilitas dan kesempatan magang.

Magang
Mata kuliah Magang adalah program pembelajaran di bidang Ilmu Komunikasi yang didesain untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori Relasi Publik atau Komunikasi Massa yang telah didapatkan selama studi. Di sini, mahasiswa melakukan pengamatan secara langsung di perusahaan lokal maupun nasional. Diharapkan dari program ini, mahasiswa dapat lebih memahami esensi Ilmu Komunikasi sesuai dengan bidangnya dan interaksi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.

 

PROFIL LULUSAN

 

Berikut adalah profil lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi:

 

·     Editor Media.

·     Corporate Media Consultant.

·     Fotografer Jurnalistik.

·     Customer Relations.

·     Marketing Communication.

·     Public Relations.

·     Produser Film, TV, dan Radio.

·     Cameraman.

·     Presenter Televisi.

·     Penyiar Radio.

·     Reporter.

·     Scriptwriter.

·     Music Director.

·     Communication consultant.

·     Auditor Komunikasi.

·     Communication Entrepreneur.

·     Communication Researcher.

 

 

KONSENTRASI KEILMUAN

 

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra menyediakan dua peminatan utama, yaitu:

 

1. Corporate Communication

Di peminatan Komunikasi Korporat mahasiswa akan belajar menjadi public relations yang profesional. Mayor Komunikasi Korporat dibedakan menjadi Corporate PR dan Marketing PR. Keduanya bertanggung jawab dalam proses komunikasi organisasi kepada publiknya. Publik adalah orang/kelompok/organisasi yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh organisasi yang diwakili oleh Public Relations. Mengomunikasikan sebuah organisasi atau perusahaan kepada media massa, komunitas, pemerintah, dan publik internal perusahaan adalah tugas Corporate PR. Selain itu, Corporate PR (CPR) fokus pada pembentukan dan pengelolaan citra perusahaan.

 

Pada Marketing Public Relations (MPR), mahasiswa diajarkan untuk selalu jeli terhadap perkembangan brand perusahaan dan produk serta perilaku konsumen. Mahasiswa diharapkan akan memiliki ketrampilan dalam riset dan memahami model pasar, mengeksekusi komunikasi melalui iklan dan berhadapan dengan konsumen.

 

2. Mass Communication

Media penyiaran di Indonesia telah berkembang dengan luar biasa, menjangkau semua lini masyarakat. Dalam peminatan Komunikasi Massa, mahasiswa disiapkan untuk bekerja di industri media massa. Di peminatan Penyiaran Televisi, mahasiswa akan diajarkan pengetahuan di depan dan belakang layar, membuat program televisi, menggunakan kamera hingga menjadi presenter televisi.

 

Era teknologi komunikasi melalui internet memperkenalkan kita kepada berbagai kemungkinan yang tidak terbatas dalam pencarian informasi. Media massa pun merambah dunia maya dalam ekspansinya menjangkau publik yang melek informasi. Kami menyadari perkembangan hal itu dan mengikuti gelombang industri yang semakin besar melalui peminatan Print and Online Journalism. Di peminatan ini mahasiswa akan mengenal dasar-dasar nilai berita, pencarian, penulisan, pembuatan berita untuk media cetak dan online, serta manajemen sirkulasi dan iklan.

 


mata kuliah

Mata kuliah dasar
Semua mata kuliah
Mata kuliah dasar