Program Broadcast and Journalism

Revolusi digital memungkinkan tumbuhnya jumlah dan bentuk media dengan sangat cepat. Untuk itu dibutuhkan para broadcaster dan jurnalis yang cerdas, kreatif, kritis sekaligus tetap memegang teguh nilai etika dan nilai-nilai Kristiani. Program Broadcast & Journalism di bawah Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu dan keterampilan sekaligus mengembangkan potensi non akademik. Ditunjang fasilitas yang memadai seperti Laboratorium Televisi, Radio, dan Media maka mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman senyata mungkin dengan industri media

Mahasiswa akan mempelajari konsep dan praktik penyiaran serta jurnalistik di media konvensional maupun online. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di antaranya Teknik Reportase, Penulisan Jurnalistik Dasar dan Lanjutan, Produksi Film Dokumenter, Produksi Variety Show/Talkshow, Kewirausahaan Media, In Depth Reporting, Presenter Program Televisi, Hukum dan Etika Media. Mengusung semangat real learning experience dan whole person education, proses belajar mengajar dilakukan dengan pendekatan ceramah, diskusi, studi kasus, tugas lapangan, service learning, magang, company visit di lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Professional Prospects

Broadcaster (Producer, Reporter, Editor, Director, Presenter, Cameraman, Floor Director, Programmer, Scriptwriter, Radio Announcer), Journalistic Photographer, Journalist, Content Creator, Media Analyst, Media Consultant, Media Manager, and Videographer

Profil Lulusan:

  1. Mampu berprofesi dalam bidang komunikasi khususnya Broadcast and Journalism
  2. Memiliki ketrampilan dan wawasan dalam bidang komunikasi yang berorientasi pada kepentingan publik
  3. Memiliki jiwa servant leadership (kepemimpinan yang melayani) sesuai dengan nilai-nilai Kristiani, yaitu Love, Integrity, Growth, Humility, Truth.

Prospek Profesi

Broadcaster (Produser, Reporter, Editor, Director, Presenter, Kameramen, Floor Director, Programmer, Penulis Naskah, Radio Announcer), Fotografer Jurnalistik, Jurnalis, Content Creator, Analis Media, Konsultan Media, Pengelola Media, Videografer

Kompetensi Khusus

  1. Memiliki wawasan mengenai hukum dan etika dalam media massa dan media baru
  2. Memiliki kecerdasan dalam penggunaan media serta mampu menganalisis konten media dan kaitannya dengan budaya populer
  3. Memproduksi, mengelola, dan menyajikan karya jurnalistik serta non-jurnalistik berupa naskah, foto, audio visual pada multi-platform
  4. Memiliki kemampuan kewirausahaan dalam bidang media

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki keterampilan dasar menggunakan bahasa Mandarin atau Jepang
  2. Memiliki wawasan spesifik mengenai komunikasi kepemimpinan, keluarga, olahraga, kesehatan, fesyen, pariwisata, dan gerejawi
  3. Memiliki wawasan spesifik di bidang broadcast & journalism mengenai sinema Indonesia, video journalism, jurnalisme radio, teknik penyiaran radio, music directing, media dan gereja, serta digital start up untuk media
  4. Memiliki wawasan spesifik di bidang komunikasi strategis dalam periklanan dan promosi, relasi publik dalam organiSasi sosial, relasi publik finansial, komunikasi visual dan strategi media sosial untuk relasi publik, serta manajemen kegiatan
Click to see

DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM BROADCAST & JOURNALISM

MATA KULIAH SKS MT DESKRIPSI
Pengantar Ilmu Komunikasi 3 1 Mata kuliah ini menjelaskan kepada para mahasiswa tentang prinsip-prinsip komunikasi dari berbagai perspektif. Pembahasan mulai dari evolusi komunikasi beserta prinsip-prinsip dasar, seperti proses komunikasi, persepsi, komunikasi verbal dan nonverbal. Prinsip-prinsip ini kemudian diterapkan pada komunikasi dalam konteks interpersonal, kelompok kecil, publik atau massa, antarbudaya, dan organisasi. Termasuk mengeskplorasi dinamika hubungan dalam komunikasi beserta masalah-masalah komunikasi (konflik/noise) dalam proses komunikasi. Diskusi mengenai hadirnya teknologi baru menjadi bahasan karena mempengaruhi proses komunikasi di era digital.
Filsafat Komunikasi 2 1 Mata kuliah ini mengeksplorasi cara berpikir tentang praktik komunikasi profesional dalam perspektif filsafat dan etika. Termasuk juga bagaimana moralitas dapat membantu mahasiswa dalam memahami isu-isu etika dalam praktik komunikasi lingkup lokal dan global. Topik-topik kasus melingkupi komunikasi interpersonal, organisasi, jurnalistik, media sosial, relasi publik, dan iklan.
Psikologi Komunikasi 2 1 Mata kuliah ini akan memberikan penjelasan mengenai aspek socio-psychological pada fenomena komunikasi yang terdiri dari proses, produk dan efek komunikasi.
Creative and Critical Thinking 3 1 Mata kuliah ini membahas cara belajar dan berkreasi secara integral, berpikir out of the box, dengan menggali potensi kreativitas manusia, melalui pendekatan synectic serta eksperimen cara berpikir dan menggunakan metode mind mapping. MK ini mengajak mahasiswa untuk memiliki 5 kemampuan dasar yakni analitis, komunikatif, kreatif, open-minded dan problem solving.
Reading for Communication Purposes 2 1 Perkuliahan ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa membaca sumber-sumber informasi berbahasa inggris, membuat esai atau bentuk tulisan lainnya, serta memahami terminologi khusus Ilmu Komunikasi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu membaca dan memahami sumber-sumber informasi berbahasa inggris yang berbasis Ilmu Komunikasi.
Dasar-Dasar Jurnalistik 2 2 Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar jurnalisme dan pers. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diajak memahami arti penting pers dalam dinamika demokrasi sebuah negara, bahkan dunia. Tidak hanya berkutat pada old/mainstream journalism, namun mata kuliah ini juga memaparkan perkembangan jurnalisme dalam era new media. Materi yang diajarkan di antaranya definisi, fungsi, nilai berita, kebebasan pers, dan jurnalisme kontemporer.
Teori Komunikasi 2 2 Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengertian ruang lingkup teori, unsur-unsur teori komunikasi, jenis dan model teori komunikasi, dan fungsi teori komunikasi. Matakuliah ini juga membahas tradisi teori komunikasi dalam konteks teori subjektif dan objektif yang beragam dalam konteks komunikasi.
Komunikasi Massa 2 2 Perkuliahan ini merupakan perkenalan awal mahasiswa dengan dunia media massa, khususnya media konvensional. Mahasiswa mempelajari hal mendasar dari komunikasi massa, seperti perkembangan, pengertian, prinsip, teori, unsur, jenis media massa, etika hingga efek komunikasi massa. Selain itu, mahasiswa juga diajak mengamati peristiwa komunikasi massa yang terjadi di masyarakat sehingga mereka dapat memahami materi dengan lebih jelas. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep dasar komunikasi massa dan mampu menjelaskan topik-topik bahasan khusus.
New Media 2 2 Mata kuliah ini memberikan pembelajaran mengenai konsep sekaligus pengaplikasian media digital terkini, meliputi karakteristik media terkini serta issue terkini terkait media interaktif terutama pada aspek sosial dan komunikasi digital.
Advanced English for Communication Purposes 3 2 Perkuliahan ini mengajarkan cara menulis esai atau tulisan lain dalam bahasa Inggris. Selain itu, mata kuliah ini akan membantu mahasiswa untuk dapat berkomunikasi secara efektif, dengan cara berbicara aktif dengan menggunakan bahasa Inggris secara lisan di depan umum, dalam berbagai konteks dan situasi komunikasi. Mahasiswa diajarkan menggunakan vocabolary dan idiom, teknik-teknik wawancara dan mengemukakan pendapat, teknik berpidato, serta presentasi menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian akan dapat membantu memperbaiki kekurangan-kekurangan mahasiswa dalam penguasaan bahasa Inggris.
Sosiologi Komunikasi 3 3 Fokus mata kuliah ini adalah dinamika komunikasi interpersonal (komunikasi di antara dua orang dalam relasi yang dekat). Topik-topik yang diajarkan meliputi pengenalan diri, pembukaan diri (self disclosure), komunikasi verbal-nonverbal, kemampuan mendengarkan (listening skills), tahapan relasi interpersonal, dan manajemen konflik interpersonal. Materi akan disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi, maupun simulasi. Sehingga setelah lulus dari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi interpersonal secara teoritik maupun praktis.
Komunikasi Organisasi 2 3 Mata kuliah ini memberikan pemahaman konseptual tentang kajian komunikasi pada level mikro dan makro dalam organisasi. Komunikasi organisasi ini mengkaji pendekatan-pendekatan dalam Komunikasi Organisasi (Classical Approach, Human relation Approach, Human Resources Approach, System Approach, Cultural Approach, Critical Approach), assimilation processes, decision making processes, conflict management processes, change and leadership processes in organisations, organizational diversity processes, organizational cultural, tecnology processes dan the changing landscape of organization. Kompetensi yang hendak dicapai melalui mata kuliah ini adalah secara kognitif, mahasiswa mampu memahami dan menganalisis berbagai peristiwa dalam dinamika organisasi, serta ketika manusia berinteraksi dalam organisasi. Mampu menjelaskan perspektif baru (new insight) bahwa komunikasi organisasi adalah salah satu elemen yang menempati peran sentral dalam organisasi. Serta membekali mahasiswa terkait pentingnya kemajuan teknologi informasi dalam dinamika organisasi pada era Revolusi industri 4.0 dan revolusi masyarakat 5.0
Desain Web 3 4 Pembelajaran konsep dan skill praktis perancangan dan pembuatan website, terutama yang akan diaplikasikan sebagai bagian dari corporate identity perusahaan dan organisasi, dan sebagai bentuk dari media online journalism serta jenis- jenis terkini website seperti e-commerce dan social media.
Komunikasi Politik 3 4 Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mampu memahami dan menganalisis beragam perkembangan isu-isu politik dan komunikasi politik di Indonesia serta global. Adapun materi yang akan di bahas dalam mata kuliah ini mencakup : definisi Komunikasi Politik, Karakteristik Komunikasi Politik, Teori-Teori dan Pendekatan Komunikasi Politik, Media Pemberitaan Liputan Politik, Isu-Isu Politik, dan Institusi Politik, Liputan Berita Kampanye Politik, Agenda Setting, Hubungan Pemerintah dengan Gatekeeper dan Press, Komunikator dalam Komunikasi Politik, Pesan Politik, Bahasa Politik, persuasi dan propaganda Politik, Iklan Politik, Debat Kampanye Politik dan Tren Baru dalam Saluran/ Media Komunikasi Politik.
Komunikasi Lintas Budaya 2 4 Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari dan memahami konsep-konsep terkait budaya dan komunikasi yang terjadi dalam interaksi antar budaya. Beberapa konsep yang menjadi bahasan adalah pola komunikasi budaya, identitas dalam konteks budaya, variabilitas budaya dan komunikasi lintas budaya dalam berbagai konteks seperti pendidikan, bisnis dan media sosial.
Pengantar Penelitian Kom. 2 4 Matakuliah ini merupakan pengantar penelitian dasar yang membahas, apa itu penelitian, pentingnya penelitian dan fungsi penelitian. Pengenalan pada cara berpikir deduksi dan induksi, pendekatan penelitian, prosedur penelitian komunikasi dan penggunaan teori dan metode dalam desain penelitian.
Penelitian Kom. Kuantitatif 4 5 Mata kuliah ini membahas tentang fenomena komunikasi, paradigma penelitian, pendekatan penelitian dan metode penelitian komunikasi. Serta memberikan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam membuat desain penelitian komunikasi kuantitatif (proposal), termasuk dalam melaksanakan tahapan-tahapan metode penelitian komunikasi.
Penelitian Kom. Kualitatif 4 6 Mata kuliah ini membahas tentang fenomena komunikasi, paradigma penelitian, pendekatan penelitian dan metode penelitian komunikasi. Serta memberikan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam membuat desain penelitian komunikasi kualitatif (proposal), termasuk dalam melaksanakan tahapan-tahapan metode penelitian komunikasi.
Magang 11 7 Mata kuliah ini adalah program pembelajaran yang didesain dengan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk secara langsung mengalami dunia kerja yang sesungguhnya. Mata kuliah ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk melakukan observasi (pengamatan) dan interaksi dengan dunia kerja, sekaligus menghasilkan analisis mengenai aplikasi ilmu komunikasi yang dilakukannya. Mata kuliah magang diharapkan dapat memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja, baik di instansi pemerintah, BUMN, individu, maupun perusahaan swasta. Pengalaman kerja yang diperoleh dari instansi yang sesuai dengan konsentrasi keilmuannya, diharapkan dapat semakin mengasah kompetensi mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa siap bekerja sesuai dengan bidangnya setelah menyelesaikan masa studinya.
Skripsi 5 8 Mata kuliah ini merupakan Tugas Akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk kelulusan dan memperoleh gelar sarjananya (S.I.kom). Pada tahapan skripsi ini mahasiswa akan melakukan proses riset/penelitian secara terstruktur di bawah proses pendampingan Dosen serta menggunakan kaidah metodologis yang baik untuk menjawab persoalan terkait fenomena komunikasi sesuai program peminatan yang sudah diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan Proses pengerjaan skripsi dilakukan selama maksimal 1 tahun untuk selanjutnya dipertahankan di hadapan penguji dalam mekanisme sidang skripsi.
Literasi Media 2 1 Mata kuliah ini mengajak mahasiswa mengeksplorasi tujuan dan metode berbagai industri media, mengidentifikasi efek konten media pada audiensnya. Dalam era industri 4.0, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media, namun juga menjadi produsen melalui berbagai platform media baru. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan analisis sehingga dapat mengkritisi konten media dan bagaimana mengedukasi masyarakat awam agar dapat menjadi audiens yang bijak dalam mengonsumsi maupun memproduksi konten media.
Teknik Reportase (Peliputan) 3 2 Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk memahami pelbagai teknik yang dipergunakan dalam mengumpulkan data, selain itu mahasiswa mampu melaksanakan teknik reportase.
Hukum dan Etika Media 2 2 Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa Broadcast and Journalism dengan wawasan hukum dan etika yang berlaku di Indonesia. Secara khusus, mahasiswa akan mempelajari peraturan perundang-undangan terkait bidang jurnalistik dan penyiaran, Kode Etik Dewan Pers, P3SPS, dan Pedoman Media Siber. Secara umum, mahasiswa akan diajak mengenal sistem hukum dan beberapa UU di Indonesia, terutama yang kerap menjadi bahan berita di negeri ini.
Penulisan Jurnalistik Dasar 3 3 Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk dapat memahami serta mampu melakukan teknik penulisan jurnalistik untuk penulisan berita sederhana.
Media dan Budaya Populer 3 3 Perkuliahan ini memperkenalkan konsep-konsep terkait teori Kritis atau cultural studies, yang menjadi dasar bagi kajian terhadap media dan budaya dalam berbagai tradisi. Tradisi budaya kontemporer, atau yang sedang populer saat ini, menjadi fokus utama dalam mata kuliah ini, terutama dalam kaitannya dengan media massa. Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep ideologi dan hegemoni yang menjadi dasar pembentuk budaya populer di masyarakat dalam berbagai konteks tertentu.
Fotografi Jurnalistik 3 3 Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk dapat memahami prinsip fotografi jurnalistik serta mampu membuat foto jurnalistik.
Strategi Negosiasi 2 3 Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk dapat memahami teknik negosiasi dalam proses berkomunikasi.
Penulisan Jurnalistik Lanjutan 4 4 Perkuliahan ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Penulisan Naskah Jurnalistik Dasar. Mahasiswa akan mempelajari sejumlah terminologi dasar dan karakteristik news, tajuk, dan feature (sejarah, tokoh, perjalanan, dan sebagainya) yang lazim dikenal dalam media massa, baik untuk keperluan individu, maupun bagi pengembangan jurnalisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep teoritis tentang jurnalistik, teknik mengumpulkan dan menulis berita, penulisan jurnalistik, metode penelitian jurnalistik, dan etika serta standar jurnalistik. Mahasiswa juga mempelajari sumber-sumber yang relevan untuk diwawancarai dan berbagai persoalan yang up to date untuk dijadikan bahan tulisan. Mahasiswa diharapkan mampu menulis, mengedit, mendesain, dan memproduksi karya jurnalistik dalam berbagai jenis dan konteks dengan mengaplikasikan good news judgement, sumber yang tepat, keakuratan dan kelengkapan, memenuhi kompetensi teknis dan mematuhi etika, aturan, dan standar penulisan (style guidelines). Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan menghasilkan naskah atau tulisan yang layak dimuat dalam berbagai jenis atau bentuk media massa.
Presenter Program Televisi 4 4 Perkuliahan ini memperlengkapi mahasiswa sebagai seorang presenter televisi yang mampu menyampaikan informasi secara informatif, akurat, tepat jelas, dan obyektif. Konteks presenter televisi yang dimaksud, baik sebagai presenter berita ataupun presenter non berita. Dosen membekali mahasiswa mengenai konsep teoritis, seperti syarat menjadi presenter, persiapan yang perlu dilakukan presenter dalam proses produksi acara televisi, cara mengatur diri di depan kamera, teknik wawancara, teknik vokal, non verbal dan alat bantu presenter. Untuk memantapkan materi yang telah diterima, mahasiswa melakukan praktik indoor dan outdoor dalam beberapa pertemuan. Mereka akan menghasilkan beberapa tampilan video sebagai seorang presenter acara televisi.
Konvergensi Media 3 4 Mata kuliah ini memberikan pembelajaran konsep konvergensi media digital terkini beserta praktek dan aplikasi terkini, meliputi Augmented Reality, Virtual Reality, Interactive Storytelling, serta pengenalan Internet of Things dan Big Data terutama yang terkait dengan issue terkini pada aspek sosial dan komunikasi digital.
Penyuntingan Naskah 2 4 Mata kuliah ini menfasilitasi mahasiswa untuk dapat mempelajari kegunaan fungsi serta cara melakukan penyuntingan untuk naskah, baik dalam program berita maupun non berita.
Kewirausahaan Media 3 5 Mata kuliah ini memberikan mahasiswa sudut pandang sebagai entrepreneur di bidang media, termasuk dalam media digital. Secara umum, mahasiswa akan belajar pilihan karir pada konvergensi di era industri digital. Mata kuliah ini mengembangkan strategi dalam berwirausaha di bidang media. Fokus mata kuliah ini adalah mengembangkan bisnis model di bidang media, membangun identitas, riset media dan pengembangan, serta mengembangkan bisnis media dalam skala global lewat internet dan media sosial. Mahasiswa akan diuji serta mengembangkan skill dalam menangani tim serta berkolaborasi dalam pengambilan keputusan dalam menghadapi perkembangan teknologi.
Penulisan Naskah Program Non-Berita 4 5 Mata kuliah Penulisan Naskah Non Berita merupakan mata kuliah yang memberikan materi keahlian bagi mahasiswa terkait penulisan naskah program program non berita seperti program drama. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan panduan dan langkah-langkah penulisan naskah, serta praktik penulisan naskah.
Penyusunan Program TV 3 5 Mata kuliah ini akan memberikan wawasan pengetahuan bagi mahasiswa terkait strategi penyusunan program program televisi. Pada matakuliah ini akan dikenalkan konsep konsep mengenai prinsip program televisi, strategi programming, pengenalan terhadap konsep rating dan share serta riset terkait audiens media televisi.
Produksi Film Dokumenter 4 5 Lewat mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar untuk memproduksi tayangan dokumenter. Fokus dalam mata kuliah ini ada pada teknik pembuatan tayangan dokumenter. Mahasiswa juga akan belajar lewat tayangan dokumenter yang didiskusikan dalam kelas. Mulai dari pra produksi, produksi, hingga paska produksi akan diajarkan selama perkuliahan. Untuk ujian akhir, mahasiswa diharapkan untuk mengembangkan ide serta mengeksekusi ide yang telah dibuat dalam tayangan dokumenter yang berdurasi minimal 5 menit.
Produksi Variety Show/Talkshow 4 6 Mata kuliah ini bertujuan untuk memperlengkapi mahasiswa dengan pendekatan professional seperti kemampuan, pengetahuan serta pemahaman akan teknik dalam memproduksi variety show/talk show. Pandangan para professional/pelaku industri akan membantu mahasiswa dalam mengisi celah antara teori dan praktik. Perkuliahan ini membekali mahasiswa konsep teoritis perancangan dan produksi sebuah program acara variety show/talk show. Pembahasan yang diberikan seputar format acara televisi non berita, proses produksi acara non berita, dan peran tim kerabat kerja produksi. Di sisi lain, pendekatan praktis seperti penguasaan kamera, penguasaan ruang master kontrol, tata cahaya, serta audio studio akan diajarkan selama perkuliahan baik di ruang kelas, studio lab TV, dan di lapangan. Pada akhir perkuliahan, mahasiwa diharapkan dapat memproduksi sebuah tayangan variety show atau talk show dengan standar professional.
Teknik Penyuntingan Prog. TV 4 6 Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada proses pasca produksi. Mahasiswa akan belajar tentang teori dan praktik dalam penyuntingan gambar yang kreatif yang bertujuan merangkai alur cerita yang baik di ruang editing. Lewat perkuliahan, demo, serta praktik langsung, mahasiswa akan mempelajari teknik penyuntingan lewat aplikasi Adobe Premiere Pro. Mahasiswa juga akan isu terbaru di dunia pasca produksi seperti audio mixing, color correction dan color grading. Potongan video disediakan untuk latihan serta tes. Untuk tugas akhir kuliah ini, mahasiswa dapat mengambil gambar secara mendiri dan merangkainya dalam sebuah alur cerita yang baik.
Teknik Tata Letak dan Infografis 3 6 Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk dapat memahami serta mampu membuat desain tata letak untuk media cetak, media daring serta membuat infografis.