Acara

31
Mei
2019
ASAH DIRI LEWAT WORKSHOP

Prior Team, volunteer Laboratorium Public Relations mengadakan workshop pada 24 April 2019 hingga 24 Mei 2019. Total, terdapat tujuh workshop di bidang Media Sosial dan di bidang Public Relations. Pembicaranya merupakan para alumni Ikom UK Petra yang telah memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing.

Pada 24 April 2019, workshop mengangkat tema ‘Basic Photography Using Your Mobile Phone’. Di sini, Yeremia Tulude Ambat, mahasiswa angkatan 2015, berbagi pengalamannya sebagai fotografer di berbagai kegiatan. Yerry juga membagikan tips memotret serta melakukan editing foto dengan gawai kita.

Vincent Qinghe hadir sebagai pembicara di workshop kedua. Workshop ini berjudul ‘Basic Public Speaking and Vocal Technic”. Vincent membagikan tips untuk melatih teknik vokal untuk menunjang Public Speaking, beserta hal-hal yang perlu diperhatikan.

Workshop ketiga diadakan pada 8 Mei 2019. Workshop ini berjudul ‘Content is the King’. Thomas Benmetan, alumnus angkatan 2012 membagikan cara menciptakan konten media sosial. Hal ini termasuk foto yang dipilih serta caption yang menarik.

Workshop Body Language and Ethics for Public Speaking’ dibawakan Oktavianus Filemon, alumnus angkatan 2014. Di workshop yang diadakan 9 Mei 2019 tersebut, Filemon menyampaikan gestur tubuh yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking.

Selanjutnya, Samuel Gilbert membawakan workshop berjudul ‘Photo and Video for Promotions’. Alumnus angkatan 2012 ini mengajarkan tahapan pra-produksi hingga pasca produksi dalam membuat konten promosi. Samuel juga mengajarkan cara memilih foto dan video, serta menghasilkan video.

Pada 23 Mei 2019, Ika Damajanti hadir sebagai pembicara di workshop Personal Appearance and Basic Make-Up’. Di sini, Ika mengajarkan bagaimana berpenampilan secara umum. Selain itu, Ika juga banyak mengupas trik melakukan make-up sederhana untuk sehari-hari.

Workshop terakhir diadakan 24 Mei 2019. Workshop berjudul ‘Personal and Corporate Branding’ disampaikan Chintya Aprillia. Pada kesempatan tersebut, Chintya menyampaikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan, trmasuk menjadi diri sendiri dan konsisten.

Tidak hanya teori, para peserta workshop juga diminta untuk langsung mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Nantinya, hasil workshop juga digunakan peserta untuk melakukan pengabdian masyarakat.

 

Naskah Oleh: Regina Bella Rosari

Foto Oleh: Tim Dokumentasi PRIOR

Baca lebih lanjut >
24
Mei
2019
#IKOMOVEMENT: Upaya Penyadaran terhadap Isu Sosial

Kampanye Relasi Publik dan Manajemen Pemangku Kepentingan adalah dua mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra konsentrasi Corporate Public Relations dan Marketing Public Relations. Setelah beberapa tahun berturut-turut mengusung Breast Cancer Campaign sebagai proyek ujian akhir, tahun ini konsepnya berubah menjadi sebuah gerakan bertajuk #IKOMOVEMENT, dimana di dalamnya para mahasiswa tersebut terbagi dalam 12 kelompok yang menyajikan beragam isu-isu sosial.

Tahun ini, #IKOMOVEMENT diadakan di Atrium Radius Prawiro, Universitas Kristen Petra. Selama empat hari berturut-turut (21-24 Mei 2019), para mahasiswa membuka booth untuk menjelaskan lebih dalam tentang masing-masing topik yang mereka angkat kepada pengunjung. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengikuti games interaktif, kuis, maupun mencoba Virtual Reality di booth-booth yang tersedia.

Sebagai pendukung, diadakan seminar dan workshop dengan menghadirkan narasumber dari komunitas-komunitas terkait serta diadakan pula rally games, fashion show, dan live music

Baca lebih lanjut >
15
Mei
2019
Communication for Millennials: How to Empower the Media Industry in Digital Era

Di tengah era digital dimana informasi mengalir begitu cepat, perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor pendukung dimana memungkinkan semua masyarakat terpapar. Perilaku masyarakat pun berubah, dimana semua hal bergantung internet. “Bahkan sebelum melakukan purchasing pun, kita cenderung untuk mencari sampai 15 sumber sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut.” ujar Lidyawati Aurelia, salah satu pembicara dalam Communication for Millennials: How to Empower the Media Industry in Digital Era.

Lidya merupakan Country Manager AnyMind Group Indonesia, sebuah perusahaan yang berfokus pada bidang advertising dan marketing technology. “Oleh karena perubahan itu, kita dituntut untuk bekerja kreatif dalam bidang kita.” Jelas Lydia sembari menunjukkan beberapa video iklan yang menariknya, konsep yang diangkat berbeda jauh dengan produk brand pembuat iklan itu sendiri. “Kita dituntut untuk membuat sesuatu yang menyentuh sisi emosional masyarakat.”, lanjutnya.

Selain menghadirkan expertise dalam bidang Strategic Communication, hadir juga Ardyan M. Erlangga, Managing Director VICE Indonesia yang mewakili bidang Broadcast and Journalism. Ardyan memaparkan, meskipun era digital semakin maju, perbedaan dan kekhasan suatu media tetap harus ada. ”VICE hadir untuk kalangan muda, dimana kita berfokus untuk mengangkat isu-isu sosial, budaya dan seni, dimana benang merahnya adalah humanis. Itu yang membuat kami ada.”

Sebagai penutup, Ardyan membagikan salah satu konten video yang menurutnya adalah salah satu konten yang berat karena perlu banyak pertimbangan dari sisi etika maupun sisi hukum. “Nama Baik Kampus” adalah konten mengenai pelecehan seksual di kampus, konten VICE yang bekerja sama dengan Tirto.ID dan The Jakarta Post. “Semoga jurnalistik terus menyentuh sisi kemanusiaan.”

Workshop yang diadakan pada tanggal 15 Mei 2019 di AVT. 501 Universitas Kristen Petra ini merupakan workshop Internasional pertama yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam rangka menyambut ulang tahun Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra yang ke-18.

Naskah oleh: Farren Anatje (CONNECT)

 

Baca lebih lanjut >
02
Feb
2019
COMMUNIPHORIA 2019: CRACK!

Workshop Communiphoria 2019 telah berlangsung di empat kota. Di awali pada 19 Januari 2019 di kota Semarang (SMA Tritunggal), berlanjut pada 26 Januari di Surabaya (Universitas Kristen Petra) dan Malang (SMA Santa Maria), dan terakhir di Denpasar (SMA Santo Yoseph) pada 2 Februari 2019 kemarin.

Tahun ini adalah kali keenam Communiphoria diselenggarakan. Communiphoria merupakan rangkaian kegiatan workshop dan perlombaan berskala nasional yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan mempelajari tentang dunia Ilmu Komunikasi dalam workshop yang diberikan, sekaligus menjadi bekal dalam kompetisi yang diadakan.

Dengan mengangkat judul "CRACK!", Communiphoria 2019 mengajak siswa-siswi SMA untuk berani membuka diri dan berinovasi dengan teknologi agar dapat memecahkan masalah sosial di sekitar mereka. Dalam kompetisinya nanti, peserta yang telah mendaftarkan diri akan ditantang untuk menyuarakan ide-ide kreatif mereka dalam bentuk 4 produk komunikasi yaitu: TV Advertising, Radio Feature, Newsletter, dan Public Relations Campaign. Pendaftaran Communiphoria masih berlangsung hingga 23 Februari 2019 mendatang. Untuk link pendaftaran dapat diakses di sini.

Dapatkan info lebih lanjut mengenai kompetisi di Official Line dan Instagram Communiphoria 2019.

Baca lebih lanjut >
19
Des
2018
Proyek Kelas Corporate Public Relations

Selama satu semester, mahasiswa Corporate Public Relations yang tergabung dalam kelas Mata Kuliah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan mempersiapkan sebuah program terhadap komunitas.

Rangkaian perkuliahan dimulai dengan arahan materi dari dosen dan dilanjutkan dengan survei komunitas dan penentuan target sasaran. Pada UTS, mahasiswa membuat proposal kegiatan dan dilanjutkan dengan implementasi program. Berbagai topik seperti komunikasi keluarga, public speaking menjadi topik yang dibagikan kepada komunitas.

Kegiatan perkuliahan diakhiri dengan presentasi laporan dan pengumpulan laporan tertulis.

 

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
11
Des
2018
Ujian Akhir Semester Integrated Marketing Communication

Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Marketing Public Relations angkatan 2016 yang tergabung dalam kelas Integrated Marketing Communication (IMC) mempresentasikan proyek akhir mereka kepada staf perpustakaan pada 19 Desember 2018 lalu.

Pengerjaan proyek ini dimulai sejak bulan Oktober. Mahasiswa ditantang untuk menciptakan strategi IMC untuk mengatasi permasalahan yang ada di Perpustakaan Universitas Kristen Petra sebagai 'klien' mereka . Sejak bulan Agustus mereka telah melakukan riset untuk mengetahui permasalahan yang ada pada 'klien'.

Harapannya, output dari proyek ini yang terdiri atas perencanaan strategi IMC untuk koleksi buku fisik, DIVo, serta e-Journal dan database dapat menjadi masukan bagi Perpustakaan Universitas Kristen Petra untuk semakin meningkatkan kualitasnya.

 

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
08
Des
2018
Ujian Akhir Semester Produksi dan Penyuntingan Program Televisi

Tanggal 8 Desember 2018 mengakhiri rangkaian kelas Produksi dan Penyuntingan Program Televisi di semester ini. Sebagai proyek Ujian Akhir Semester, mahasiswa konsentrasi Broadcast Televisi yang tergabung dalam kelas tersebut memproduksi tiga program televisi dengan konten yang berbeda (musik, beauty tutorial, quiz) dengan durasi 45-60 menit.

Dalam persiapan selama tiga bulan, para mahasiswa tak hanya belajar tentang produksi program televisi baik dari pra-produksi hingga pasca produksi, namun juga belajar bekerja dalam tim dalam menyelesaikan masalah.

Baca lebih lanjut >
29
Nov
2018
Kunjungan Kelas Relasi Media

Relasi Media adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa konsentrasi Corporate Public Relations. Untuk memahami materi dengan lebih mendalam, 25 Mahasiswa yang tergabung dalam kelas tersebut berkesempatan melakukan studi lapangan ke Divisi Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada 29 November 2018 lalu.

.
Melalui kunjungan itu, mereka diajak memahami proses kerja Public Relations khususnya Media Relations Officer. Dipandu oleh Agus Subagyo, selaku Manajer Humas PDAM Surya Sembada, dan tim, para mahasiswa juga mendapat penjelasan mengenai company profile dan job description seorang Media Relations Officer.

.

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
19
Nov
2018
Animated Interactive Infographic for Mobile Device

Penggunaan infografis sebagai media penyampaian pesan akhir-akhir ini semakin diminati. Selain karena lebih mudah dipahami, infografis menyajikan data visual yang menarik perhatian.
.
Tanggal 19 dan 22 November 2018 kemarin, dilaksanakan mini exhibition di selasar Gedung Kuntjara Sasmita untuk memamerkan proyek Animated Interactive Infographic for Mobile Device yang dibuat oleh para mahasiswa selama 2 bulan terakhir. Hal ini sebagai salah satu output dari kelas Aplikasi Multimedia yang merupakan mata kuliah wajib di semester 5.

Dokumentasi lengkap di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
12
Nov
2018
Studi Ekskursi Nasional 2018

Studi Ekskursi Nasional merupakan salah satu program tahunan yang diadakan Ilmu Komunikasi UK Petra bagi mahasiswa semester tiga. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa diajak mengunjungi berbagai perusahaan maupun instansi yang bergerak di bidang public relations, broadcast televisi, maupun jurnalistik.

Tahun ini Studi Ekskursi Nasional (SENAS) diadakan pada 12-16 November 2018. Para peserta SENAS mengunjungi 12 perusahaan yang terdiri dari: The Jakarta Post, Edelman, Media Trust PR, NET.TV, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kompas Gramedia, Media Indonesia, Metro TV, Grand Indonesia, Kumparan, dan Tirto.id.

Harapannya para maahasiswa dapat lebih mengenal peminatan yang akan mereka ambil di semester lima (Marketing Public Relations, Corporate Public Relations, Broadcast Televisi, Jurnalistik) serta melihat secara langsung dunia kerja komunikasi.

Baca lebih lanjut >
09
Nov
2018
Internship for Batch 2015

Internship merupakan kesempatan berharga bagi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 7. Dalam tiga bulan, para mahasiswa wajib menyelesaikan 440 jam kerja sebelum mempresentasikannya di kampus.
Melalui internship, para mahasiswa secara langsung terlibat dalam proses kerja komunikasi di berbagai perusahaan yang reputable. Bahkan mahasiswa juga berpeluang memberikan sumbangsih karya bagi tempat internship mereka.
Harapannya, pengalaman ditempa di masa internship dapat menjadi nilai tambah ketika para mahasiswa ini terjun di dunia kerja setelah lulus nantinya.

.

Lihat dokumentasinya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
08
Nov
2018
Asian University Presidents Forum 2018

6-8 November lalu, UK Petra menjadi tuan rumah Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018. Dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra turut berpartisipasi di gelaran AUPF 2018 dalam bidang-bidang yang membutuhkan kemampuan Komunikasi.
Membantu Humas UK Petra meliput untuk publikasi di media massa, turut menyelenggarakan press conference, dan menjadi MC dalam sesi-sesi AUPF 2018, kami bersyukur dan bangga bisa turut ambil bagian dalam menyukseskan acara tersebut.

Dapatkan DwiPekan online edisi spesial AUPF di http://dwipekan.petra.ac.id/


Baca lebih lanjut >
28
Okt
2018
Ubud Writers and Readers Festival 2018

Lima mahasiswi yang tergabung dalam kelas Teknik Menulis Feature melakukan liputan perjalanan menuju @ubudwriterfestival yang dilaksanakan pada 24-28 Oktober 2018 di Ubud, Bali dalam rangka Ujian Tengah Semester.
.
Ubud Writer and Reader Festival sendiri adalah salah satu festival seni dan sastra terbesar se-Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap tahun oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati. Festival ini mewadahi pertukaran kisah, ide, dan inspirasi dari para penikmat seni dan sastra.
.
Nantinya output yang akan dihasilkan dari proyek Ujian Tengah Semester ini berupa tulisan feature tentang travel journalism, food journalism, profile, atau history.

Baca lebih lanjut >
09
Okt
2018
Kunjungan Petra Campus Radio ke Hard Rock FM

Hard Rock FM mengundang Petra Campus Radio (PCR) untuk menjadi bintang tamu segmen Community Surprise dalam program Drive n Jive Hard Rock FM. Dalam kesempatan itu teman-teman PCR membagikan pengalaman mereka tentang sistem produksi siaran di PCR serta berinteraksi dengan pendengar. Selama satu jam on air, mereka mendapat banyak ilmu baru seperti cara mengembangkan konten promosi radio di media sosial hingga manajemen sistem siaran di Hard Rock FM.

Baca lebih lanjut >
05
Okt
2018
Field Trip Mahasiswa Broadcast TV 2016

Tak hanya melalui Studi Ekskursi Nasional (Senas) dan Studi Ekskursi Lokal (Selok), mahasiswa FIKOM dapat melihat lebih dekat proses kerja di dunia profesional lewat field trip.

Kelas Produksi dan Penyuntingan Program Televisi adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa peminatan Broadcast Televisi. Dalam kelas 5 Oktober lalu, mahasiswa-mahasiswa tersebut melakukan field trip ke Agropolitan TV (atv), Malang TV, dan Team Teknik KDS 8 di daerah Batu dan Malang, Jawa Timur. Mereka berkesempatan melihat langsung proses produksi program televisi dari syuting di studio hingga proses transmisinya sampai bisa disaksikan pemirsa di rumah. Kunjungan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa yang akan memproduksi program televisi untuk proyek Ujian Semester Akhir mendatang.

 

Instagram: @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
03
Okt
2018
Communication 4.0 in Industrial 4.0

Era Industrial 4.0 telah dimulai, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi perlu memahami dengan benar survival strategy di era ini. Rabu (3/10) lalu, mahasiswa Fikom 2018 mengikuti kuliah tamu untuk Mata Kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi bersama Johan Alvin Khosuma dari JCK Enterprise mengenai pentingnya Branding 4.0. Melalui sesi bertajuk Communication in Industrial 4.0 ini, mahasiswa dikenalkan tentang pentingnya membuat konten yang personal untuk mengomunikasikan produk maupun jasa di era Industrial 4.0.

 

Instagram: @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
19
Sep
2018
Kunjungan SMA Masa Depan Cerah (MDC) Surabaya

Siswa-siswi SMA Masa Depan Cerah (MDC) Surabaya mengunjungi Laboratorium Radio dan Laboratorium Televisi FIKOM pada 19 September 2018 lalu. Mereka berkesempatan melihat langsung proses siaran di Laboratorium Radio dan melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Laboratorium Televisi. Melalui kunjungan ini, para siswa diharapkan memperoleh gambaran mengenai pembelajaran yang akan mereka dapat di Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra nantinya. Seperti penjurusan, fasilitas, kegiatan rutin, dan peluang kerja di masa mendatang.

 

Instagram: @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
24
Agu
2018
COMMUTER: Communication and Literacy 2018

Rangkaian workshop, talkshow, dan pameran seputar bidang komunikasi bertajuk COMMUTER: Communication and Literacy digelar pada 24-26 Agustus 2018 lalu di V Junction, Ciputra World Mall lt. 3.

Dalam workshop yang dipandu oleh dosen-dosen Ilmu Komunikasi UK Petra, para siswa SMA diajak untuk mempelajari lebih dalam tentang Public Speaking, Social Media Literacy, dan Creative Writing. COMMUTER juga menghadirkan empat alumni Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra yaitu: Adi Chandra, S.I.Kom. (Tim Komunikasi Pemerintah Indonesia 2014-2018); Samuel Gilbert, S.I.Kom. (Founder ULF Films); Johan Alvin Khosuma, S.Sos. (Co-Founder & Brand Consultant of JCK Enterprise); dan Tania Stephanie, S.I.Kom. (Community Editor of IDN Times). Keempatnya berbagi kisah tentang sepak terjang mereka di dunia komunikasi kepada para siswa SMA. Selain itu, selama tiga hari berturut-turut dipamerkan pula karya para mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra berupa poster dan karya fotografi.

COMMUTER diharapkan dapat menjadi media promosi untuk memperkenalkan Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra kepada para siswa SMA se-Surabaya. Baik mengenai pengetahuan seputar Ilmu Komunikasi maupun peluang kerja bagi para alumnus nantinya.

 

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut >
17
Mei
2018
Talkshow and Proactive Class : "Brace The Movement"

Talkshow and Proactive Class merupakan rangkaian kegiatan hari jadi ke-17 Prodi Ilmu Komunikasi. Kegiatan yang mengangkat tema “Brace the Movement” ini diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2018. Menghadirkan 5 pembicara profesional di komunikasi politik, penyiaran, dan public relations, yakni Johan Budi Sapto Prabowo, Alfito Deannova Gintings, Silih A. Wasesa, S.Psi., M.Si., Fajar A. Isnugroho, dan Gatut Priyowidodo, M.Si Ph, D, mahasiswa diajak untuk lebih cermat dalam menanggapi pesan dalam media sosial dan media massa, menjadi seorang penyiar yang objektif serta berimbang, dan public relations yang mampu membentuk citra tanpa memanipulasi publiknya.   

Baca lebih lanjut >
23
Mar
2018
International Day 2018 : "Creativity Takes Courage in the 4th Industrial Revolutional Era"

Dalam rangkaian kegiatan International Day Universitas Kristen Petra 2018, Prodi Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Sastra Inggris mengadakan seminar bertemakan "Creativity Takes Courage in the 4th Industrial Revolutional Era". Seminar yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2018 ini dibawakan oleh Kim Hekyung, selaku Dekan Global Studies Institute Deongseo University. Dalam seminar ini, ia menuturkan pentingnya kreativitas, lebih kritis dalam menghadapi suatu peristiwa, dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman.

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-20 dari 24 item.