Podcast: Riset dan Kenali Pendengarmu

26 Agu 2020

            Saat ini, seseorang bisa memiliki beragam jenis media untuk berkreasi, salah satunya adalah podcast. Platform yang berkembang sekitar tahun 2001-an ini sangat digandrungi oleh anak-anak muda masa kini melalui aplikasi streaming online, seperti: Spotify, Noice, YouTube, dan lain-lain.

            Untuk terus bersinergi dengan perkembangan zaman, khususnya dalam bidang komunikasi, Laboratorium Radio Ilmu Komunikasi UK Petra mengadakan kegiatan Podcast Clinic #PCRxSuaraPuan, Selasa (11/8) melalui aplikasi Zoom. Stefany Chandra, pembicara dari kegiatan ini, merupakan podcaster dari Podcast Suara Puan.

            Dalam momen tersebut, Stefany berbagi pengalaman dan tips-tips agar seseorang dapat memulai podcast-nya sendiri. Tak hanya menyampaikan aspek teknis pembuatan, ia juga menyampaikan terkait bagaimana sebuah podcastdapat memiliki karakter yang dapat menjadi pembeda dari podcast-podcast lainnya.

            Riset adalah salah satu hal yang penting dalam pembuatan podcast, agar dapat menentukan konsep serta target dari pendengar. “Setiap hari ada orang yang memulai podcast, ada selebgram yang buat podcast baru, ada artis yang memulai podcast baru. Riset pasar atau pendengar bisa bermacam-macam, seperti apakah mereka adalah pendengar yang bosan mengkonsumsi YouTube, apakah orang yang mendengarkan podcast saat dalam perjalanan, atau apakah mereka mendengarkan podcast saat sebelum tidur,” ujar Stefany.

Dengan adanya pemetaan yang spesifik, maka nantinya akan mempermudah seseorang mempromosikan podcast mereka ke calon pendengar yang tepat. Tertarik untuk mencobanya?


Close previewer