Publikasi

NEW IKOM UKP
16 Mar 2019

Sabtu, 16 Maret 2018, Ilmu Komunikasi UK Petra meresmikan dua program baru di bawah Prodi Ilmu Komunikasi di Hotel Ciputra World Surabaya. Peresmian ini dilakukan Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor Universitas Kristen Petra di hadapan perwakilan SMA-SMA, dosen dan mahasiswa Ikom UKP, serta rekan-rekan media.

Dua program baru yang dibuka adalah Program STRATEGIC COMMUNICATION dan BROADCAST AND JOURNALISM. Kedua program ini akan mulai beroperasi pada tahun ajaran 2020/2021, dan pendaftarannya akan dimulai Agustus 2019.

Peresmian program baru dilanjutkan dengan seminar tentang peluang dan tantangan profesi bidang Strategic Communication dan Broadcast&Journalism. Materi dibawakan oleh Firsan Nova (Managing Director Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication) dan Budiono Darsono (President Commissioner Kumparan). Acara dilanjutkan dengan workshop School Branding yang disampaikan oleh Lia Sidik dan workshop Creative Content for Youtube oleh Daniel Budiana

Terimakasih untuk semua pihak yang mendukung sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar. Kiranya Tuhan terus menyertai kami, mendidik mahasiswa-mahasiswa yang dipercayakan pada kami.

 

Baca lebih lanjut>
COMMUNICATION: CHANGING AND CHALLENGING
05 Mar 2019

FAQ:
1. Kenapa untuk “komunikasi” saja mesti kuliah? Semua orang kan sudah bisa “ngomong”?
2. Kuliah komunikasi itu belajar apa sih?
3. Lulus kuliah komunikasi bisa jadi apa?
4. Bagaimana prospek kerja bidang komunikasi di masa depan?

Ilmu Komunikasi UK Petra menggelar COMMUNICATION EVENT SERIES untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.
Hadiri Seminar Nasional, Workshop dan juga Pameran Karya Dosen dan Mahasiswa di LG Atrium Ciputra World Mall, Surabaya pada 15-17 Maret 2019.

Baca lebih lanjut>
Hari Pers Nasional
09 Feb 2019

Ilmu Komunikasi UK Petra turut memeriahkan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2019 yang diselenggarakan tanggal 7 Februari 2019 di Surabaya. Dalam kesempatan ini, UK Petra menjadi tuan rumah Diskusi Anugerah Adinegoro 2019. Bekerjasama dengan Suara Surabaya, Ilmu Komunikasi UK Petra turut menyukseskan perhelatan anugerah jurnalistik tertinggi di Indonesia ini.

Pada saat yang sama, beberapa mahasiswa kami juga meramaikan Media Exhibition di Grand City Surabaya. Selain menyuarakan pendapat mengenai Pers Indonesia, para mahasiswa tersebut juga berkesempatan mencoba on air bersama Produser Metro TV Jawa Timur Joshua Reno.

Terimakasih kepada Suara Surabaya, Metro TV Biro Jatim, dan Panitia Hari Pers Nasional 2019 atas kesempatan yang diberikan kepada kami. Semoga Pers Indonesia terus setia menjadi pewarta kebenaran di negara ini.

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut>
Karya Keenam Winona Araminta (2016) Dibukukan dalam Antologi "Mantra Ilusi"
12 Feb 2019

Menjalani hobi menulis sejak SD, karya Winona Araminta kembali dibukukan pada awal Januari 2019 kemarin. Berawal dari iseng mengikuti sayembara penulisan puisi yang diadakan oleh Mandala Publisher, karya berjudul "Jangan Menutup Telinga" tersebut akhirnya diterbitkan dalam antologi puisi bertajuk "Mantra Ilusi".

Mahasiswi yang akrab disapa Nana ini mengatakan bahwa ini adalah kali keenam karyanya dibukukan. Awalnya Nana sempat berpikir untuk berhenti menulis karena ingin fokus kuliah. "Sebelumnya udah nggak mau nulis lagi, ternyata di FIKOM didukung untuk berkarya. Selain kuliah mahasiswa juga diminta banyak baca buku. Dari situ perbendaharaan kataku meningkat dan jadi pengen nulis lagi."

Saat ini, Nana menjalani perkuliahan di semester 6 dan mengambil konsentrasi Marketing Public Relations. Selain itu, ia masih terus mengirimkan karyanya ke beberapa sayembara dan rencananya akan berkolaborasi bersama kawan-kawan yang juga menyukai penulisan puisi.
 
 
 
 

 

Baca lebih lanjut>
COMMUNIPHORIA 2019: CRACK!
12 Feb 2019

Rangkaian kegiatan Communiphoria 2019 masih berlangsung.

Dengan mengangkat judul "CRACK!", Communiphoria 2019 mengajak siswa-siswi SMA untuk berani membuka diri dan berinovasi dengan teknologi agar dapat memecahkan masalah sosial di sekitar mereka. Dalam kompetisinya nanti, peserta yang telah mendaftarkan diri akan ditantang untuk menyuarakan ide-ide kreatif mereka dalam bentuk 4 produk komunikasi yaitu: TV Advertising, Radio Feature, Newsletter, dan Public Relations Campaign

Sekarang, waktunya untuk menguji dan mengasah kemampuan kalian!
Segera daftarkan dirimu di Lomba Communiphroia 2019 sebelum 23 Februari 2019!

Kami tunggu hasil karya kalian dan menangkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah!

Baca lebih lanjut>
Mengejar Impian Masa Kecil ke Negeri Ginseng
31 Jan 2019

Tinggal di luar negeri adalah salah satu impian Sidartha Keanu Liem sejak kecil. Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016 yang akrab disapa Keanu ini kemudian mewujudkan impiannya itu lewat Student Exchange di Korea Selatan pada Agustus-Desember 2018 lalu.

Universitas Kristen Petra memang mendorong mahasiswanya untuk merasakan pengalaman internasional. Hal tersebut difasilitasi oleh Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) yang menawarkan Semester Length Program seperti Double Degree, Joint Degree, Student Exchange dan juga beberapa Short Program seperti Petra Summer Program dan Community Outreach Program yang pelaksanaannya hanya 2-3 minggu.

Berbeda dengan Double Degree dan Joint Degree, Student Exchange lebih menawarkan pada pengalaman yang didapat ketika menjalani studi di luar negeri. Peserta program ini tidak mendapat gelar tambahan seperti pada dua program lainnya. Berbekal impiannya untuk merasakan pengalaman tinggal di luar negeri, Keanu akhirnya mendaftarkan diri untuk Student Exchange periode Fall 2018 dan berhasil diterima di Dongseo University, Korea Selatan.

Selama kurang lebih satu semester, Keanu belajar hidup mandiri dan berinteraksi dengan orang-orang baru dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Mexico, Thailand, Vietnam, Rusia, Uzbekistan, dan masih banyak lagi. Walaupun awalnya sempat mengalami kendala bahasa, Keanu merasa Student Exchange memberinya wawasan baru tentang kebudayaan berbagai negara.

Selain mengikuti kelas Korean Language, Keanu juga tetap mengikuti beberapa kelas penyetaraan mata kuliah Ilmu Komunikasi seperti Negotiating in the Global Age, Media and Culture, dan Content Marketing. Menurutnya, bentuk pembelajaran di Dongseo University kurang lebih sama dengan di UK Petra. "Di sana dosen lebih sering jelasin power point terus mahasiswa diskusi sama temen kelompok. Ujiannya juga kurang lebih sama, rata-rata paper atau presentasi tentang analisis kasus gitu."

Ketika ditanya tentang pengalaman paling berkesan selama menjalani Student Exchange, Keanu menjawab ia benar-benar merasakan keluar dari zona nyaman. "Selama ini banyak yang ragu ikut Student Exchange karena takut kuliah molor dan lain-lain. Tapi menurutku hal itu worth it. Soalnya apa yang kamu dapat bener-bener pengalaman sekali seumur hidup yang nggak terlupakan. Mulai dari menghadapi orang-orang dari luar negeri sampai adaptasi dengan lingkungan yang beda. Student Exchange ini kalo menurutku bener-bener langkah keluar dari zona nyaman. Ngelatih diri banget sih," tutupnya.


Baca lebih lanjut>
"QARAH", karya Sarah dalam Serial Time Series Inspocreative "Bersama Waktu"
29 Jan 2019

Cerita pendek karya Sarah Azaliah Karsa (Ikom, 2016) berhasil dibukukan dalam Serial Time Series "Bersama Waktu" dan diterbitkan pada Desember 2018 lalu. Cerpen berjudul "Qarah" miliknya termasuk dalam 78 karya terbaik dari 1100++ karya nasional yang diikutkan dalam Sayembara Menulis Cerpen Mini yang diadakan oleh @inspo.creative

Secara singkat Qarah bercerita tentang Andini yang sangat time-oriented. Suatu hari ia dipertemukan kembali dengan Davin, kawan lamanya yang menyadarkannya tentang konsep Qarah. Melalui cerpen ini, Sarah ingin menyampaikan bahwa waktu tidak bisa diulang dan tidak bisa diatur oleh manusia, begitu juga dengan momentum. Sama seperti Qarah, yang dalam bahasa Ibrani artinya adalah "being in the right time, and in the right place".

Selama persiapannya, mahasiswi konsentrasi Marketing Public Relations ini mengaku banyak dibantu oleh dosen FIKOM khususnya saat brainstorming. Saat ini, selain disibukkan dengan perkuliahan, Sarah juga masih sering menulis di waktu senggang, dalam waktu dekat ceritanya yang lain akan diterbitkan dalam buku "Terima Kasih Ibu".

Selamat untuk Sarah, terus berkarya & menginspirasi.

Baca lebih lanjut>
Juara I Digital Creative Advertising Retorikalbis 2019
12 Jan 2019

Setelah berproses selama kurang lebih tiga hari, Regina (Ikom 2016), Nana (Ikom 2016), Sarah (Ikom 2016), Ferdi (DKV 2016), dan Erick (DKV 2016) berhasil menghasilkan karya iklan layanan masyarakat berjudul "Bersama dalam Kebaikan".

Bercerita tentang masyarakat Indonesia yang dapat bersatu lewat hal 'buruk' seperti bergosip, golput, dan membajak film, kelima mahasiswa tersebut ingin mengajak masyarakat untuk bisa bersatu lewat hal-hal yang baik.

Dalam proyek ini, Regina, Sarah, dan Nana sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi bertugas sebagai scriptwriter dan juga cast director, sedangkan Ferdi dan Erick yang merupakan mahasiswa DKV bertugas mengambil gambar dan melakukan editing. Sementara konsep dan ide cerita mereka diskusikan bersama-sama.

Walau sempat mengalami kesulitan saat mencari cast di tengah jadwal Ujian Akhir Semester dan juga terkendala oleh cuaca yang tak menentu, tim ini berhasil membawa pulang gelar juara 1 dalam Creative Advertising-Retorikalbis yang diadakan oleh Kalbis Institute Jakarta pada 9-12 Januari 2019 lalu.

Selamat untuk Regina, Sarah, Nana, Ferdi, dan Erick. Terus berkarya. Semoga dapat menginspirasi teman-teman yang lain.

Baca lebih lanjut>
First Runner Up of East Java Varsity English Debate Championship
25 Nov 2018

Berdebat bukan hanya tentang beradu argumen. Framing dan diksi sangat krusial untuk membuat audiens memiliki persepsi yang sama dengan pemikiran kita.

Elisabeth Glory Victory (Ilmu Komunikasi 2016) bersama Charaqua Vania Rawiadji (Sastra Inggris 2017), dan Gabriela Lika Inga Moekoe (English for Creative Industry 2016), baru-baru ini meraih First Runner Up dalam East Java Varsity English Debate Championship yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang pada 24-25 November 2018

Baca lebih lanjut>
Bawa Pulang Gold dari Epicentrum 2018
14 Des 2018

Lavenia Pili Roboh (alumnus SMA Kr. Mercusuar, Kupang), Ricky Ciputra (alumnus SMAK St. Louis 1, Surabaya), dan Tipta Santa T (alumnus SMK Petra, Surabaya) berhasil menyabet gelar juara pertama dalam rangkaian perlombaan EPICENTRUM 2018 kategori SPECTURE (Radio) yang diadakan oleh Universitas Padjajaran, Bandung.

Ketiga mahasiswa ini menyajikan radio feature dengan tema pesan damai supporter sepakbola khususnya dengan mengangkat cerita-cerita inspiratif dari Bonek.

 

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

 

Baca lebih lanjut>
Bulan Bahasa UGM 2018
30 Nov 2018

Kelas Teknik Mencari dan Menulis Berita mengajarkan beberapa materi dasar tentang Penulisan Feature. Regina Bella Rosari (2016) yang kini mengambil konsentrasi Marketing Public Relations mengaplikasikan kembali materi tersebut ketika mengikuti lomba penulisan feature dalam Bulan Bahasa 2018 yang diadakan oleh Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Tulisan featurenya tentang Tee Boen Liong, atau yang lebih dikenal sebagai Ki Dalang Sabdho Sutedjo berjudul "Wayang Tak Hanya Milik Etnis Jawa" berhasil meraih juara 3 untuk kategori umum. Selain kembali belajar tentang proses penulisan artikel, Regina juga belajar tentang budaya Indonesia khususnya perkembangan wayang di Surabaya dan pementasannya.

Baca lebih lanjut>
Emtek Goes To Campus
15 Nov 2018

Tiga mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra terpilih menjadi finalis Lomba Presenter Emtek Goes To Campus (Surabaya) yang diselenggarakan 13-15 November 2018 lalu di Universitas Kristen Petra Surabaya.
Acara yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan banyak pembicara dari berbagai bidang pekerjaan yang membekali mahasiswa dengan wawasan baru.
Selamat kepada finalis Lomba Presenter: Charles Endriko, Lavenia Pili Roboh, dan Farren Sahertian yang akan berjuang di babak nasional bersama perwakilan kota-kota lainnya.

Baca lebih lanjut>
CIA 2018 Universitas Brawijaya
04 Nov 2018

Tanggal 4 November 2018, 9 mahasiswa Ilmu Komunikasi berhasil membawa pulang 2 gelar juara dalam ajang Communication in Action 2018 yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang.

Dalam lomba ini Liem, Michael dan tim meraih Juara 1 dalam mata lomba PRIME setelah membuat proposal tentang re-branding tourism destination Lombok. Sementara Georgie Sentana dan tim menjadi Juara 2 dalam mata lomba BROADACTION melalui video berjudul Tiada Terselami yang membahas tentang budaya memancing dan perikanan di kampung warna-warni, Kenjeran, Surabaya.

Selamat kepada:
Juara 1 PRIME
Liem, Michael (alumnus SMA Kr. Tritunggal Semarang)
Irving Williem Herly (alumnus SMAK Frateran Surabaya)
Fide Abraham (SMA Kr. Petra 3 Surabaya)
Brian Henry (SMA Gloria 2 Surabaya)
Felicia Luvena (SMA Kr. Petra 2 Surabaya)

Juara 2 BROADACTION
Georgie Sentana (SMAK Tunas Kasih Tarakan)
Cicilia Monika (SMAK Santo Yoseph Denpasar)
Melinda (SMAK Syuradikara Ende)
Jocelin Alice Agape (SMA Kr. Petra 4 Sidoarjo)

Dokumentasi selengkapnya di @ikom_ukp

Baca lebih lanjut>
Petra Student Exchange Program 2018/2019
31 Okt 2018

Di tahun ajaran 2018/2019 ini, Program Studi Ilmu Komunikasi menerima 6 siswi pertukaran pelajar dari Zhejiang Yuexiu University of Foreign Language. Semester ini keenam mahasiswi tersebut mengambil tiga matakuliah Ilmu Komunikasi: Komunikasi Interpersonal, Teknik Mencari dan Menulis Berita, dan Komunikasi Lintas Budaya.


Menurut mereka, meskipun terkendala bahasa dalam mengikuti pelajaran, pengetahuan baru yang mereka dapatkan di Ilmu Komunikasi sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.
"Harapannya setelah ikut student exchange bisa lebih lancar berbahasa Indonesia dan memiliki cara berpikir yang mandiri," tutur Hu Qian Qian (Melati), salah satu peserta student exchange.

Baca lebih lanjut>
Tiga Medali Emas di KRAMSI VIII
31 Okt 2018

Tak hanya prestasi akademik, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga didorong untuk mengembangkan bakat mereka di bidang non-akademik.


Aurelia Inggrid Setiono (angkatan 2016) kembali menorehkan prestasi pada Kejuaraan Renang antar Mahasiswa se-Indonesia (KRAMSI) VIII yang diselenggarakan di Universitas Hasanuddin, Makassar pada 25-27 Oktober 2018.Dalam kompetisi kali ini Inggrid mengantongi gelar Perenang Terbaik Putri setelah membawa pulang tiga medali emas untuk nomor 50m gaya bebas putri, 50m gaya kupu putri dan 100m gaya kupu putri.

Selamat Inggrid atas raihan prestasinya!

Baca lebih lanjut>
Festival Pemuda 2018
10 Okt 2018

Masa kuliah bukan hanya kesempatan untuk menimba ilmu, tapi juga peluang menambah jejaring, dan memikirkan kontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Hans Christian, mahasiswa Fikom 2015 terpilih mewakili UK Petra bersama Regina Siddharta Halim (Prodi Sastra Inggris 2015) mengikuti Festival Pemuda 2018. Acara yang berlangsung tanggal 6-10 Oktober ini mempertemukan 300 delegasi mahasiswa dari 34 provinsi di Indonesia untuk saling bertukar pikiran dan wawasan. “Dengan mengikuti kegiatan ini, saya mendapat banyak wawasan tentang kondisi terbaru dari seluruh penjuru Indonesia, dan apa yang bisa kita lakukan sebagai pemuda untuk Indonesia,” ujar mahasiswa peminatan Marketing PR ini.

Baca lebih lanjut>
Rise Against Hunger 2018
06 Okt 2018

Mahasiswa dituntut untuk tidak hanya aktif berorganisasi di kampus tetapi juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Kraft the Heinz ABC menyelenggarakan kegiatan sosial Rise Against Hunger pada 6 Oktober 2018 lalu di Hotel Wyndham Surabaya. Beberapa perwakilan mahasiswa FIKOM turut berpartisipasi bersama dengan 231 sukarelawan lainnya yang terdiri dari karyawan, komunitas, dan mahasiswa.

Selama 180 menit, para sukarelawan mengemas 130.000 meals yang berisi beras, sayuran kering, kacang hijau, dan paket vitamin mikronutrisi. Makanan yang telah dikemas tersebut nantinya akan disumbangkan untuk korban bencana Palu dan untuk pencegahan malnutrisi di Indonesia.


Instagram: @ikom_ukp

Baca lebih lanjut>
Raih Juara I & II di SATIC 2018
07 Apr 2018

Berawal dari ketertarikan terhadap fotografi, Felicia Luvena dan Sellina Tanya, mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2016, berhasil membawa pulang gelar juara 1 dan 2 dari kompetisi fotografi internasional Satic: Shot and Tell Incredible Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris, Desain Komunikasi Visual, dan Manajemen Pariwisata Universitas Kristen Petra pada 6-7 April 2018 lalu di Food Society, Pakuwon Mall, Surabaya.

Dalam kompetisi bertema Spotlicious yang mengusung konsep food photo rally ini, Luvena dan Sellina beserta 8 finalis lain diminta mengumpulkan foto dari 7 restoran berbeda di Surabaya sesuai rute yang telah ditentukan panitia. Selain itu, keduanya beserta finalis yang lain juga berkesempatan mengikuti workshop food photography bersama Jiewa Vieri (inijie), seorang food blogger sekaligus food photographer profesional.

Selamat untuk Luvena dan Sellina! Semoga karya kalian bisa menginspirasi mahasiswa yang lain.

Baca lebih lanjut>
Future Leader Congress 2018
16 Sep 2018

Fide Abraham, mahasiswa Fikom angkatan 2016 mengikuti Future Leader Congress 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Studec International di United Nations Conference Building, Bangkok pada 16-18 September 2018 lalu. Dalam kesempatan ini Fide bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara. Mereka mendiskusikan isu-isu sosial, lingkungan, teknologi, dan kesehatan yang terjadi di negara-negara asal mereka. Acara ini mendorong anak-anak muda untuk peduli dan berkarya untuk lingkungan mereka. “Saya berharap saya dan teman-teman punya kesempatan mewujudkan proyek yang sudah kami rancang di sana. Kami merancang proyek untuk membantu pendidikan anak-anak jalanan,” ujar Fide.

Ayo Fikomers yang lain, masih banyak kesempatan lain memanggil kalian untuk berkarya dan berprestasi! Jangan biarkan waktumu terlewat begitu saja. Manfaatkan masa kuliah ini untuk menimba sebanyak mungkin wawasan, network, dan pengalaman.

 

Instagram: @ikom_ukp

Baca lebih lanjut>
Dasi, Kopi, dan Cerita-Cerita yang Tak Terucap
24 Agu 2018


Dua tulisan karya mahasiswi Ilmu Komunikasi: Regina Bella Rosari (2016) dan Sarah Azaliah Karsa (2016) terpilih untuk dibukukan oleh Petra Career Center. Buku bertajuk Dasi, Kopi, dan Cerita-Cerita yang Tak Terucap ini merupakan kumpulan tulisan dari 10 peserta terpilih yang mengikuti Creative Writing Workshop bersama Dee Lestari, penulis novel heksalogi 'Supernova'.
Setelah melalui proses penyuntingan bersama editor selama kurang lebih 45 hari, cerita pendek (cerpen) "Bayang-bayang Asa" karya Regina dan "Garis-garis Maya" karya Sarah akhirnya diluncurkan pada 24 Agustus 2018 lalu. Dengan mengangkat topik diskriminasi di tempat kerja, Regina berharap cerita tersebut dapat membuka perspektif para pembaca bahwa diskriminasi di tempat kerja memang masih ada dan terjadi padahal semua orang berhak untuk bekerja.
Sementara itu Sarah yang terinspirasi dari kontroversi pelecehan seksual artis Hollywood oleh sutradaranya berharap melalui tulisannya, korban pelecehan berani bertindak dan tidak hanya diam ketika menghadapi pelaku.

Tetap semangat & lanjutkan prestasi kalian!

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-20 dari 24 item.