Menguji Kemampuan Diri Lewat Pemilihan Cak & Ning Surabaya 2019

07 Mei 2019

Berawal dari dorongan kakak rohaninya, Joanna Kusumadewi tertarik untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Wisata Cak & Ning Surabaya 2019. Awalnya Joanna sempat ragu untuk bergabung, namun dengan dukungan dari orangtua dan teman-temannya, mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 ini akhirnya memantapkan diri untuk mendaftar. "Setelah ngobrol sama beberapa orang, akhirnya memutuskan untuk mencoba. Jadi, sekalian menguji kemampuan diri, kira-kira sampai batas mana kemampuanku ini. Dengan cara ini aku bisa tau harus meningkatkan dan memperbaiki di bagian mana," tutur Joanna.

Liburan semester lalu pun dimanfaatkan Joanna untuk mempersiapkan diri. Tak hanya browsing informasi seputar Surabaya di internet, Joanna juga turut mengunjungi berbagai destinasi wisata di Surabaya. Seperti De Javasche Bank, Cak Durasim, Balai Pemuda, dan masih banyak lagi. Joanna juga belajar lebih dalam tentang public speaking, catwalk, dan hal-hal teknis lain yang dibutuhkan dalam seleksi nantinya.

"Setelah masuk ke penyisihan, sempat takut karena harus bisa membagi waktu. Apalagi sekarang saya sudah semester 6, tentu tugas semakin banyak dan saya dituntut untuk bisa membagi waktu dan pikiran untuk kuliah dan juga untuk Cak & Ning ini. Tantangan terberat adalah bagaimana saya harus menjaga tubuh tetap fit walaupun aktivitasnya sangat padat," jawab alumnus SMAN 16 Surabaya ini ketika ditanya tentang kesulitan yang dihadapi selama persiapan.

Joanna juga mengaku sangat bersyukur sebagai mahasiswi Ilmu Komunikasi. Menurutnya, ada banyak skill-skill komunikasi yang dipraktikkannya dalam seleksi ini seperti public speaking, branding, creative thinking, dan juga teamwork. "Di Ilmu Komunikasi saya dan teman-teman selalu diminta untuk membawakan presentasi yang proper. Di salah satu babak penyisihan kemarin saya mengaplikasikan hal ini, yaitu menggunakan cue card saat presentasi, dan akhirnya saya dipuji oleh dewan juri karena dianggap lebih profesional dibanding peserta yang lain."

Setelah menjalani rangkaian seleksi tersebut, Joanna akhirnya terpilih sebagai Ning Persahabatan 2019. Nanti, Joanna akan menjalani penugasan protokoler, penugasan daerah, guiding di Bus Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT) serta menjadi liaison officer (LO) bagi tamu kehormatan baik nasional maupun internasional yang berkunjung ke Surabaya.

Selamat bertugas sebagai Ning Surabaya 2019, Ning Joanna! Tuhan memberkati.


Close previewer