Mencetak Prestasi dalam KOMFIEST 2019

13 Mei 2019
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra berhasil memboyong beberapa gelar juara dalam ajang nasional Komunikasi Fiesta yang diadakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada 4-6 April 2019.
 
Perwakilan tim Ilmu Komunikasi UKP yang terdiri dari Liem, Michael (alumnus SMA Kr. Tritunggal Semarang), Jessica Michelle (alumnus SMAK Santo Paulus Jember) dan Jessica Idelia (alumnus SMAK Santo Paulus Jember) membuat proposal kampanye berjudul Let's Fight Against Hoax and Be A #SmartVoters. Dalam proposal tersebut tim ini merumuskan 4 strategi untuk menanggulangi hoax dan mengedukasi masyarakat agar menjadi #SmartVoters. Setelah melalui tahap penyisihan dan mempresentasikan karya mereka di hadapan juri, tim ini akhirnya membawa pulang gelar juara 3, mengalahkan 9 tim lainnya.
 
Masih seputar topik pemilihan umum, perwakilan mahasiswa yang terdiri dari Revand Tannur (alumnus SMA), Irene Yuarita (alumnus SMA), Axl Jevison (alumnus SMA), dan Celyne Halim (alumnus SMAK Frateran Surabaya) berhasil menjadi juara favorit lewat karya Video Adverstisement "#PEMILIHPEMULA, Jangan Mengeluh Ayo Bertindak". Melalui video iklan berdurasi 2 menit tersebut, keempat mahasiswa ini ingin mengajak masyarakat milenial untuk tidak golput.
 
Selain video iklan, dua tim lain juga berhasil meraih juara lewat karya video. Charles Endriko (alumnus SMAK St. Louis 2 Surabaya), Sellina Tanya (alumnus SMA Cita Hati East Surabaya), dan Titania Dewanti (alumnus SMA Cor Jesu Malang) membuat video blog edukasi dengan sedikit sketsa berjudul "Perkembangan Media=Penurunan Kualitas Hidup?". Vlog tersebut membahas tentang tipe-tipe netizen di media sosial, khususnya mereka yang tidak menggunakan media sosial dengan bijak. Setelah lolos ke dalam lima besar, mereka kemudian diminta membuat meme yang akhirnya berhasil menjadikan mereka juara 2 dalam Creative Content Competition.
 
Terakhir, di bidang Short Movie Competition, Sarah Azaliah (alumnus SMA Kr. Petra 4 Sidoarjo) bersama 2 mahasiswa dari jurusan Manajemen Bisnis dan Desain Komunikasi Visual berhasil membawa pulang juara 3 lewat video berjudul Adjacency. Sebelumnya di babak penyisihan mereka juga membuat film pendek berjudul Pa.Ra.Doks. Kedua karya tersebut berangkat dari key message yang sama bahwa media mampu mendekatkan yang jauh dan mempererat yang dekat.
 
Ketika ditanya mengenai kesulitan dalam pengerjaan karya, mayoritas dari para mahasiswa ini mengatakan cukup kesulitan untuk menyatukan ide dari beberapa kepala yang berbeda. "Setiap individu memiliki tumpuan berbeda, dan akhirnya apa yang dianggap penting pun berbeda. Tetapi, tetap pada akhirnya semua akan saling melengkapi," tutup Charles Endriko.

Close previewer