07-005
Dosen
vidya@petra.ac.id
(+62-31) 8439040, 8494830, 8494831
Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya - 60236 , Indonesia P.O. Box 1991

Titi Nur Vidyarini, S.Sos, M.Comms

Saya memiliki passion untuk mendalami komunikasi yang terjadi antar budaya yang berbeda. Selain itu, memahami bagaimana pengelolaan dan pengemasan pesan dilakukan di berbagai media, merupakan salah satu ketertarikan saya. Selain mengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi, saya juga melakukan pengabdian masyarakat di bidang edukasi kepada pengajar, public speaking untuk komunitas, menjadi moderator atau MC di berbagai kegiatan, copywriter, penerjemah, dan mengajar bahasa Inggris di komunitas gereja saya. 

  • sejarah pendidikan
    (S1)
    Universitas Airlangga, Surabaya
    Lulus:2007
    (S2)
    Edith Cowan University, Western Australia
    Lulus:2011
  • konsentrasi penelitian

    1.      Intercultural communication

    Pada bidang riset ini, saya menyoroti elemen-elemen yang berperan dalam komunikasi antara anggota budaya yang berbeda. Budaya berperan penting dalam komunikasi. Interaksi yang dipengaruhi elemen budaya yang berbeda menjadikan proses komunikasi yang dinamis.

    2.      Cultural Diplomacy

    Hubungan antar negara dilandasi oleh komunikasi. Pengelolaan komunikasi yang melibatkan budaya, kebijakan negara dan proses pembentukan citra sebuah negara menjadi menarik untuk diteliti. Secara khusus, melihat bagaimana setiap negara atau anggota sebuah budaya menciptakan pesan untuk mengubah atau membentuk opini negara lain terhadap negaranya.

    3.      Public health communication

    Bidang promosi kesehatan merupakan salah satu bidang terapan ilmu komunikasi yang signifikan. Publik yang dijangkau sangat luas, pesan yang disampaikan sangat spesifik dan menyangkut hidup khalayak ramai.