Communication for Millennials: How to Empower the Media Industry in Digital Era

15 Mei 2019

Di tengah era digital dimana informasi mengalir begitu cepat, perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor pendukung dimana memungkinkan semua masyarakat terpapar. Perilaku masyarakat pun berubah, dimana semua hal bergantung internet. “Bahkan sebelum melakukan purchasing pun, kita cenderung untuk mencari sampai 15 sumber sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut.” ujar Lidyawati Aurelia, salah satu pembicara dalam Communication for Millennials: How to Empower the Media Industry in Digital Era.

Lidya merupakan Country Manager AnyMind Group Indonesia, sebuah perusahaan yang berfokus pada bidang advertising dan marketing technology. “Oleh karena perubahan itu, kita dituntut untuk bekerja kreatif dalam bidang kita.” Jelas Lydia sembari menunjukkan beberapa video iklan yang menariknya, konsep yang diangkat berbeda jauh dengan produk brand pembuat iklan itu sendiri. “Kita dituntut untuk membuat sesuatu yang menyentuh sisi emosional masyarakat.”, lanjutnya.

Selain menghadirkan expertise dalam bidang Strategic Communication, hadir juga Ardyan M. Erlangga, Managing Director VICE Indonesia yang mewakili bidang Broadcast and Journalism. Ardyan memaparkan, meskipun era digital semakin maju, perbedaan dan kekhasan suatu media tetap harus ada. ”VICE hadir untuk kalangan muda, dimana kita berfokus untuk mengangkat isu-isu sosial, budaya dan seni, dimana benang merahnya adalah humanis. Itu yang membuat kami ada.”

Sebagai penutup, Ardyan membagikan salah satu konten video yang menurutnya adalah salah satu konten yang berat karena perlu banyak pertimbangan dari sisi etika maupun sisi hukum. “Nama Baik Kampus” adalah konten mengenai pelecehan seksual di kampus, konten VICE yang bekerja sama dengan Tirto.ID dan The Jakarta Post. “Semoga jurnalistik terus menyentuh sisi kemanusiaan.”

Workshop yang diadakan pada tanggal 15 Mei 2019 di AVT. 501 Universitas Kristen Petra ini merupakan workshop Internasional pertama yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam rangka menyambut ulang tahun Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra yang ke-18.

Naskah oleh: Farren Anatje (CONNECT)

 


Close previewer