Kurikulum

Mulai tahun ajaran 2020/2021, Program Studi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan dua program baru yaitu Program Broadcast and Journalism dan Program Strategic Communication.

Program Broadcast and Journalism

Revolusi digital memungkinkan tumbuhnya jumlah dan bentuk media dengan sangat cepat. Untuk itu dibutuhkan para broadcaster dan jurnalis yang cerdas, kreatif, kritis sekaligus tetap memegang teguh nilai etika dan nilai-nilai Kristiani. Program Broadcast & Journalism di bawah Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu dan keterampilan sekaligus mengembangkan potensi non akademik.  Ditunjang fasilitas yang memadai seperti Laboratorium Televisi, Radio, dan Media maka mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman senyata mungkin dengan industri media.

Mahasiswa akan mempelajari konsep dan praktik penyiaran serta jurnalistik di media konvensional maupun online. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di antaranya Teknik Reportase, Penulisan Jurnalistik Dasar dan Lanjutan, Produksi Film Dokumenter, Produksi Variety Show/Talkshow, Kewirausahaan Media, In Depth Reporting, Presenter Program Televisi, Hukum dan Etika Media. Mengusung semangat real learning experience dan whole person education, proses belajar mengajar dilakukan dengan pendekatan ceramah, diskusi, studi kasus, tugas lapangan, service learning, magang, company visit di lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Prospek Profesi

Broadcaster (Produser, Reporter, Editor, Director, Presenter, Kameramen, Floor Director, Programmer, Penulis Naskah, Radio Announcer), Fotografer Jurnalistik, Jurnalis, Content Creator, Analis Media, Konsultan Media, Pengelola Media, dan Videografer

Kompetensi Utama

  1. Memiliki wawasan konseptual teoritik terkait filsafat, sosiologi, psikologi, dan politik dalam perspektif komunikasi
  2. Mampu menganalisis fenomena komunikasi secara kreatif dan kritis, dengan berbagai metode dalam pendekatan kuantitatif maupun kualitatif
  3. Memiliki ketrampilan komunikasi dalam konteks interpersonal, organisasi, dan lintas budaya baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
  4. Mampu menghasilkan karya maupun prototipe yang mengikuti perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi

Kompetensi Khusus

  1. Memiliki wawasan mengenai hukum dan etika dalam media massa dan media baru
  2. Memiliki kecerdasan dalam penggunaan media serta mampu menganalisis konten media dan kaitannya dengan budaya populer
  3. Memproduksi, mengelola, dan menyajikan karya jurnalistik serta non-jurnalistik berupa naskah, foto, audio visual pada multi-platform
  4. Memiliki kemampuan kewirausahaan dalam bidang media

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki ketrampilan dasar menggunakan bahasa Mandarin atau Jepang
  2. Memiliki wawasan spesifik mengenai komunikasi kepemimpinan, keluarga, olahraga, kesehatan, fesyen, pariwisata, dan gerejawi
  3. Memiliki wawasan spesifik di bidang broadcast&journalism mengenai sinema Indonesia, video journalism, jurnalisme radio, teknik penyiaran radio, music directing, media dan gereja, serta digital start up untuk media
  4. Memiliki wawasan spesifik di bidang komunikasi strategis dalam periklanan dan promosi, relasi publik dalam organiasi sosial, relasi publik finansial, komunikasi visual dan strategi media sosial untuk relasi publik, serta manajemen kegiatan

Program Strategic Communication

Program Strategic Communication di bawah Prodi Ilmu Komunikasi menawarkan fokus studi pada bidang public relations dan manajemen komunikasi. Fokus kami meliputi studi terkini dalam hal identifikasi publik untuk organisasi bisnis, sosial dan pemerintah; pengelolaan komunikasi terencana untuk pemangku kepentingan internal dan eksternal dengan tujuan reputasi; aplikasi perencanaan event, kampanye dan  penanganan krisis; komunikasi merek dan pemasaran yang terintegrasi dan kewirausahaan untuk bidang public relations; dan penerapan komunikasi internasional untuk berbagai jenis organisasi.

Di dalam proses perencanaan komunikasi, program ini akan melengkapi mahasiswa dengan kemampuan riset secara kualitatif dan kuantitatif, serta dibimbing oleh dosen pengajar yang memiliki rekam jejak riset dan profesional di bidang terkait. Mahasiswa akan mendapatkan bermacam perspektif baru saat melakukancompany visit, pengalaman kerja nyata melalui magang dalam perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, di antaranya perusahaan swasta, pemerintah, institusi pendidikan, hingga non-governmental organization.

Prospek Profesi

Bidang public relations, riset pasar, manajemen komunikasi, brand communication, content creator, event management, PR ConsultantBranding ConsultantMedia RelationsCommunity RelationsMarketing Public RelationsSocial Media ManagerEvent Marketing, dan Brand Executive

Kompetensi Utama

  1. Memiliki wawasan konseptual teoritik terkait filsafat, sosiologi, psikologi, dan politik dalam perspektif komunikasi
  2. Mampu menganalisis fenomena komunikasi secara kreatif dan kritis, dengan berbagai metode dalam pendekatan kuantitatif maupun kualitatif
  3. Memiliki ketrampilan komunikasi dalam konteks interpersonal, organisasi, dan lintas budaya baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
  4. Mampu menghasilkan karya maupun prototipe yang mengikuti perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi

Kompetensi Khusus 

  1. Memiliki wawasan mengenai hukum dan etika dalam konteks relasi publik
  2. Memiliki kecerdasan dan wawasan terhadap konsep relasi publik dan manajemen komunikasi
  3. Menganalisis bentuk-bentuk komunikasi serta program komunikasi terhadap pemangku kepentingan
  4. Memproduksi dan mengelola strategi-strategi komunikasi untuk lembaga pemerintahan, organisasi profit maupun non-profit
  5. Memiliki kemampuan kewirausahaan dalam bidang relasi publik dan manajemen komunikasi

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki ketrampilan dasar menggunakan bahasa Mandarin atau Jepang
  2. Memiliki wawasan spesifik mengenai komunikasi kepemimpinan, keluarga, olahraga, kesehatan, fesyen, pariwisata, dan gerejawi
  3. Memiliki wawasan spesifik di bidang broadcast&journalism mengenai sinema Indonesia, video journalism, jurnalisme radio, teknik penyiaran radio, music directing, media dan gereja, serta digital start up untuk media
  4. Memiliki wawasan spesifik di bidang komunikasi strategis dalam periklanan dan promosi, relasi publik dalam organiasi sosial, relasi publik finansial, komunikasi visual dan strategi media sosial untuk relasi publik, serta manajemen kegiatan
Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
Data mata kuliah tidak ditemukan